General Information

History

Penyusunan kurikulum Program Studi (Prodi) Teknik Logistik Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dimulai dari penyusunan Visi Misi Tujuan Sasaran (VMTS) Prodi Teknik Logistik ITTP. Penyusunan VMTS Prodi Teknik Logistik ITTP mengacu pada visi ITTP yang tertuang dalam Renstra ITTP yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul di tingkat nasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi yang fokus pada bidang Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise pada tahun 2023.

Selain mengacu pada visi institusi, pembuatan VMTS Prodi Teknik Logistik ITTP juga mempertimbangkan masukan dari asosiasi logistik di Indonesia yaitu Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) dalam audiensi yang dilaksanakan tanggal 2 Juli 2019 dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) pada tanggal 5 Juli 2019. Salah satu hasil audiensi dengan ALFI adalah pemberian rekomendasi pendirian prodi Teknik Logistik berdasarkan Surat Rekomendasi No. 105/ALFI-Jtg-DIY/VII/19.

Visi 

Menjadi program studi logistik yang unggul dan kontributif terhadap pembangunan nasional terutama pada pengelolaan agro-logistik berbasis Information and Communication Technologies (ICT).

Misi

  • Membentuk karakter profesional logistik yang berintegritas melalui penyelenggaraan pendidikan yang humanis.
  • Melaksanakan penelitian yang berkualitas untuk pengembangan keilmuan teknik logistik.
  • Menerapkan hasil penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang logistik.
  • Menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan.

Q: Apakah sebenernya Teknik Logistik?

A: Program Studi Teknik Logistik ITTP merupakan turunan dari system engineering yang mengkolaborasikan disiplin ilmu sains, manajemen, data dan desain dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk merancang, mengendalikan, dan mengontrol aliran fisik, aliran material, aliran informasi, dan modal pada produk barang maupun jasa.

Jurusan Teknik Logistik biasanya melibatkan studi tentang berbagai aspek penting dalam pengelolaan rantai pasokan, seperti perencanaan dan pengendalian persediaan, transportasi dan distribusi, manajemen gudang, manajemen kualitas, manajemen risiko, teknologi informasi, analisis data, serta prinsip-prinsip manajemen dan bisnis yang berhubungan dengan logistik.

Mahasiswa dalam program ini akan mempelajari konsep dan teori logistik, serta belajar menerapkan teknik dan alat-alat yang digunakan dalam praktek logistik modern. Mereka juga dapat terlibat dalam studi kasus, proyek-proyek nyata, atau magang di perusahaan atau organisasi terkait logistik untuk mendapatkan pengalaman praktis.

Jurusan Teknik Logistik bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang, mengelola, dan meningkatkan operasi rantai pasokan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai sektor industri, termasuk manufaktur, perdagangan, distribusi, transportasi, logistik layanan pihak ketiga (3PL), serta perusahaan teknologi logistik.

Q: Jadi apasih lulusan Teknik Logistik?

Beberapa peran karir yang dapat diambil oleh lulusan jurusan Teknik Logistik meliputi:

  1. Manajer Rantai Pasokan
  2. Analis Logistik
  3. Manajer Gudang dan Distribusi
  4. Spesialis Perencanaan Persediaan
  5. Analis Data Logistik
  6. Konsultan Logistik
  7. Manajer Transportasi
  8. Pengembang Solusi Logistik
  9. Manajer Proyek Logistik
  10. Manajer Layanan Pelanggan Rantai Pasokan

Q: belajar apa saja sih di Teknik Logistik?

  1. Dasar-Dasar Logistik: Memahami konsep dasar logistik, peran dan tujuan logistik, serta prinsip-prinsip manajemen rantai pasokan.
  2. Manajemen Persediaan: Mengkaji teknik dan metode manajemen persediaan, termasuk perencanaan persediaan, pengendalian persediaan, pengelolaan risiko persediaan, dan pengoptimalan tingkat persediaan.
  3. Transportasi dan Distribusi: Mempelajari tentang pemilihan moda transportasi yang sesuai, rute pengiriman, konsolidasi kargo, manajemen hubungan dengan pemasok transportasi, dan efisiensi operasional dalam transportasi dan distribusi.
  4. Manajemen Gudang: Mengenal prinsip-prinsip manajemen gudang, pengelolaan layanan penerimaan dan pengiriman, pemantauan persediaan di gudang, penggunaan teknologi dalam manajemen gudang, dan optimisasi aliran barang.
  5. Teknologi Informasi Logistik: Memahami penggunaan sistem informasi logistik, perangkat lunak manajemen rantai pasokan (supply chain management), dan teknologi terkait lainnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengelola aliran informasi dalam rantai pasokan.
  6. Analisis dan Optimisasi Logistik: Mempelajari metode analisis data untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dalam rantai pasokan, termasuk analisis kinerja logistik, peramalan permintaan, pemodelan dan simulasi, serta pengoptimalan proses logistik.
  7. Manajemen Rantai Pasokan Terbalik: Menjelajahi konsep dan praktik dalam manajemen rantai pasokan terbalik, seperti pengelolaan pengembalian barang, daur ulang, pemusnahan barang, dan keberlanjutan dalam rantai pasokan.
  8. Etika dan Keberlanjutan dalam Logistik: Menekankan pentingnya etika dalam pengelolaan logistik, serta isu-isu keberlanjutan dan dampak lingkungan yang terkait dengan aktivitas logistik.

Struktur Organisasi

50
PROFESSIONAL INSTRUCTORS
87
NEW COURSES EVERY YEAR
25
LIVE SESSIONS EVERY MONTH
277
REGISTERED STUDENTS