Teknik Logistik ITTP Wujudkan Kunjungan Industri sebagai Upaya untuk Meningkatkan Relevansi Pendidikan dan Industri

Program Studi Teknik Logistik Institut Teknologi Telkom Purwokerto melakukan kegiatan kunjungan industri ke PT Agility International Cabang Semarang pada Selasa, 21 Juni 2022. PT Agility International merupakan perusahaan logistik dan rantai pasok global yang memiliki cabang di beberapa lokasi di seluruh dunia. Kunjungan industri dilakukan bertujuan untuk memperkenalkah mahasiswa teknik logistik dengan dunia kerja sehingga dapat mengetahui praktik dari pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh selama proses pembelajaran, mengetahui proses lapangan terhadap bisnis logistik dan rantai pasok serta mengetahui kebutuhan terhadap sumber daya manusia di lingkungan industi atau bisnis.

Kegiatan kunjungan industri dimulai dengan pengarahan dari PT Agility International yang membagi rombongan mahasiswa ke dalam dua tim. Kegiatan akan dibagi dua yaitu pengenalan mengenai PT Agility International dan ruang lingkup bisnis yang dijalani, serta visiting warehouse PT Agility yang kemudian dilakukan oleh masing-masing tim secara begilir.

Pada pengenalan PT Agility International, mahasiswa dan juga dosen yang hadir sebagai pendamping diajak untuk  mengetahui sejarah dan perkembangan berdirinya perusahaan, proses bisnis yang dijalani, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Diskusi berlangsung sangat aktif karena peserta kunjungan industri sangat interaktif bertanya banyak hal terutama yang berhubungan dengan mata kuliah yang telah diampu seperti manajemen warehouse dan persediaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan visiting warehouse PT Agility International. Pada kegaitan ini peserta diajak berkeliling untuk mengetahui secara langsung proses penyimpanan barang di warehouse mulai dari loading sampai unloading barang untuk disampaikan ke customer. Peserta juga dijelaskan mengenai manajemen warehouse yaitu memastikan barang keluar dan masuk menggunakan barcode, pengaturan penyimpanan barang di rak dan perlakuan terhadap masing-masing barang yang sifatnya berbeda. Selama visiting peserta juga diperkenankan bertanya mengenai hal apa pun yang ingin diketahui.

Kunjungan industri ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mahasiswa mengenai proses bisnis supply chain dan warehouse dalam dunia professional sehingga dapat memiliki gambaran dunia kerja yang akan dihadapi. Mahasiswa juga dapat membuktikan bahwa pendidikan dari mata kuliah di teknik logistik yang diterima memiliki relevansi dengan dunia professional. Terlebih juga bisa mengetahui perbedaan dari materi yang dipelajari dan dunia kerja serta alasan kenapa perbedaan itu terjadi yang dapat disimpulkan karena proses bisnis setiap perusahaan yang unik.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya kunjungan industri yang diadakan program studi Teknik Logistik ITTP ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai dunia kerja dan juga menyaksikan secara langsung berbagai macam proses yang selama ini hanya mahasiswa ketahui dari materi, buku ataupun video pembelajaran seperti proses loading, quality control, material handling dan masih banyak lagi. Semoga kegiatan kunjungan industri ini dapat diadakan secara berkala dengan melibatkan perusahaan lainnya.” Ujar salah satu mahasiswa Teknik Logistik ITTP yang mengikuti kegiatan kunjungan industri ini. Semoga kegiatan kunjungan industri dan kegiatan lainnya yang memberikan pemahaman mengenai dunia professional dapat dilakukan secara rutin dan lebih baik lagi. Sehingga upaya relevansi pendidikan dan dunia professional dapat diwujudkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.