Teknik Logistik Institut Teknologi Telkom Purwokerto Berikan Penyuluhan Ekspor untuk Produk Dodol Durian Cahaya Bulan

Tim Dosen Program Studi Teknik Logistik Institut Teknologi Telkom Purwokerto melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada Rabu (15/06) bertempat di UMKM Cahaya Bulan Desa Cilongok Kabupaten Banyumas dengan tema Sosialisasi dan Penyuluhan Produk Ekspor. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh seluruh anggota UMKM Cahaya Bulan sebanyak 6 orang beserta owner Prestiana Endah Wulandari bertujuan memberikan informasi terkait branding awareness untuk produk ekspor, indentifikasi produk ekspor, menentukan market pemasaran ekspor dan mekanisme UMKM agar bisa tembus ekspor sampai kepada persiapan dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan produk ekspor.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Kepala Program Studi Teknik Logistik ITTP oleh Nabila Noor Qisthani, S.T., M.T., ketua kegiatan pengabdian masyarakat Miftahol Arifin, S.T., M.T. dan Prestiana Endah Wulandari sebagai owner. Nabila Noor Qisthani, S.T., M.T. menjelaskan bahwa “Kegiatan pengabdian masyarakat ini selain bertujuan menunaikan tri darma perguruan tinggi, juga sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dengan meningkatkan UMKM ekspor. Karena selama ini masyarakat menganggap bahwa prosedur ekspor sangat sulit dan berbelit-belit, terlebih sama sekali tidak mengetahui apa saja yang pelu dipersiapkan dan dilakukan agar produk bisa menembus ekspor.”

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi oleh masing-masing dosen yang terdiri dari Ratih Windu Arini, S.T., M.T.,  Nabila Noor Qisthani, S.T., M.T., Miftahol Arifin, S.T., M.T., Syarif Hidayatuloh, S.T., M.T. dan Yulinda Uswatun Kasanah, S.T., M.Sc. dengan materi berbeda terkait produk ekspor terutama terkait dengan persiapan dokumen ekspor mulai dari pengenalan HS code sebagai langkah dasar ekspor sampai kepada alur persiapan dokumen ekspor. Selain itu juga dilakukan diskusi serta tanya jawab bagi seluruh anggota Durian Cahaya Bulan terutama terkait rencana ekspor spesifik untuk produk dodol durian Cahaya Bulan dari banyaknya produk frozen dan olahan durian lainnya yang diproduksi.

Tim Dosen beserta peserta penyuluhan dan sosialisasi produk ekspor melakukan observasi langsung ke ruang produksi dodol durian setelah kegiatan penyampaian materi dan diskusi selesai dilakukan, melihat proses produksi termasuk bahan-bahan yang digunakan hingga observasi tanah kosong yang direncanakan sebagai perluasan lantai produksi yang sudah ada jika dibutuhkan lantai produksi tambahan terkait dengan standar produksi produk ekspor. Setelah kegiatan penyampaian materi dan diskusi selesai dilakukan. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa masih terdapat beberapa kendala terkait standar proses produksi untuk produk ekspor yang perlu diperbaiki.

Selanjutnya acara ditutup dengan berfoto dan makan bersama produk yang di produksi Durian Cahaya Bulan sehingga diharapkan dapat memberikan feed back dan masukan terhadap produk itu sendiri.

Prestia selaku owner Durian Cahaya Bulan mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan sosialisasi dan penyuluha produk ekspor yang dilakukan oleh Tim Dosen Teknik Logistik ITTP karena dapat memberikan pengetahuan baru dan dapat menambah semangat UMKM agar bisa meningkatkan usahanya bahkan menembus pasar ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.